Aliran Progresivisme dalam Pendidikan

Authors

  • Mohammad Fadil Akbar Islamy Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Samsul Ulum Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Aminudin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i7.810

Keywords:

progresivisme, pendidikan berbasis siswa, peran guru, pemecahan masalah, konstruktivisme, pembelajaran

Abstract

Pendidikan progresif merupakan suatu aliran dalam ilmu pendidikan yang berkembang di awal abad ke 20. Aliran ini berusaha untuk memberikan kebebasan bagi peserta didik dalam mengeksplorasi bakat dan kemampuannya secara mandiri. Progresivisme menekankan pada aspek psikologis dan sosiologis proses pendidikan, artinya bahwa peserta didik dipandang sebagai subjek yang aktif dalam kegiatan belajar, bukan objek pasif yang harus menerima segala materi yang diajarkan. Peran guru dalam aliran ini adalah sebagai fasilitator, pembimbing, penasehat atau pengarah pembelajaran. Pembelajaran lebih menekankan pada pemecahan masalah nyata di lingkungan peserta didik, bukan hanya transfer pengetahuan. Aliran Progresivisme telah memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia saat ini, khususnya dalam upaya untuk menciptakan suasana belajar yang bebas, demokratis dan berpusat pada peserta didik

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Akbar Islamy, M. F., Samsul Ulum, M., Nurhadi, N., & Aminudin, M. (2024). Aliran Progresivisme dalam Pendidikan. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(7), 537–546. https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i7.810