Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Pembelajaran (Jekanusa) Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas 4 Sdn Tegal Rejo
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia dengan media pembelajaran Jenga Cakrawala Nusantara (JeKaNusa). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Tegal Rejo No 98 dengan jumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket minat belajar dan observasi untuk untuk mendapatkan data yang valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengelolaan data untuk mengukur minat belajar IPAS dilakukan dengan mengumpulkan skor dari skala minat belajar, kemudian mengonversikannya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Jenga dapat meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN Tegal Rejo. Terlihat dari hasil pengisian angket yang dimulai dari siklus I didapati skor minat sangat kurang adalah 0 siswa, skor kurang adalah 0 siswa, skor cukup adalah 8 siswa, skor baik adalah 3 siswa, dan skor sangat baik adalah 0 siswa. Pada siklus II didapati skor minat sangat kurang adalah 0 siswa, skor kurang adalah 0 siswa, skor cukup adalah 0 siswa, skor baik adalah 1 siswa, dan skor sangat baik adalah 10 siswa. Dari hasil observasi langsung terhadap proses pembelajaran juga terbukti empat indicator minat siswa telah muncul/nampak.