Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Pembelajaran (Jekanusa) Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas 4 Sdn Tegal Rejo

Main Article Content

Asri Rosita Devi
Universitas Sebelas Maret
Elisa Wahyu Lestari
Universitas Sebelas Maret
Zenditya Nanditasari
Universitas Sebelas Maret
Peni Sesotijowati
SD Negeri Tegal Rejo
Ridzki Sitti Fatimah
SD Negeri Tegal Rejo
Idam Ragil Widianto Atmojo
Universitas Sebelas Maret

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPAS materi Kekayaan Budaya Indonesia dengan media pembelajaran Jenga Cakrawala Nusantara (JeKaNusa). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri   Tegal Rejo No 98 dengan jumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket minat belajar dan observasi untuk untuk mendapatkan data yang valid. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengelolaan data untuk mengukur minat belajar IPAS dilakukan dengan mengumpulkan skor dari skala minat belajar, kemudian mengonversikannya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Jenga dapat meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas IV SDN Tegal Rejo. Terlihat dari hasil pengisian angket yang dimulai dari siklus I didapati skor minat sangat kurang adalah 0 siswa, skor kurang adalah 0 siswa, skor cukup adalah 8 siswa, skor baik adalah 3 siswa, dan skor sangat baik adalah 0 siswa. Pada siklus II didapati skor minat sangat kurang adalah 0 siswa, skor kurang adalah 0 siswa, skor cukup adalah 0 siswa, skor baik adalah 1 siswa, dan skor sangat baik adalah 10 siswa. Dari hasil observasi langsung terhadap proses pembelajaran juga terbukti empat indicator minat siswa telah muncul/nampak.


Keywords: Minat, Media, Jenga