Peningkatan Hasil Belajar Ipas Kelas V Menggunakan Model Problem Based Learning dan Media Wordwall

Main Article Content

Andani Dwi Olimpiani
Universitas Sebelas Maret
Danang Aditya Nugroho
Universitas Sebelas Maret
Joko Edy Prayitno
Universitas Sebelas Maret
Idam Ragil Widianto Atmojo
Universitas Sebelas Maret
Gia Anggin Sambarani
SDN Tegal Rejo

Sebagai pemegang peranan penting dalam mengendalikan proses belajar mengajar, guru menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Suasana kelas juga mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga memerlukan inovasi guru dan motivasi peserta didik yang tinggi untuk berpartisipasi sepanjang pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPAS materi “Permasalahan Lingkungan Mengancam Kehidupan” di kelas V SDN Tegal Rejo dengan memanfaatkan model Problem Based Learning (PBL) dan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas V sejumlah 13 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Langkah penelitian tindakan kelas yang dilakukan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus persentase ketuntasan adalah 38%, pada siklus I sebesar 62% dengan kategori sedang, kemudian siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 85% dengan kategori sangat tinggi sehingga hasil peningkatannya menjadi 24%. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN Tegal Rejo.


Keywords: Problem Based Learning, Wordwall, hasil belajar