Analisis Kebutuhan SDM Petugas Rekam Medis dengan Menggunakan Metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (ABK-Kes)

Main Article Content

Naurah Nazhifah
a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Politeknik Piksi Ganesha";}
Imelda Alia Yustika
Politeknik Piksi Ganesha
Meira Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peranan penting untuk sebuah organisasi. Maka diperlukannya perencanaan sumber daya manusia untuk menyesuaikan antara beban kerja dengan jumlah sumber daya manusia yang dimiliki. Ketersedian Sumber Daya Manusia juga berperan penting dalam pelayanan di sebuah Rumah Sakit terutama dalam unit rekam medis. RSAU Lanud Sulaiman merupakan rumah sakit tipe D yang jumlah pengunjungnya cukup banyak setiap harinya mencapai 100 pasien dan rata-rata perhitungan pertahunnya pada periode Januari 2020 hingga Desember 2020 mencapai 12.891, namun tidak sebanding dengan jumlah petugasnya.


Tujuan: Tujuan penelitgian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan sumber daya manusia di unit rekam medis dengan metode ABK-KES.


Metode: Metode penelitian ini yaitu observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 5 orang petugas pendaftaran. Teknik pengambilan data dilakuan dengan wawancara dan observasi. Analisis data dengan menggunakan metode analisis beban kerja yang dijelaskan secara deskriptif.


Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, RSAU Lanud Sulaiman merupakan Rumah Sakit yang ada di daerah Kabupaten Bandung, tepatnya berada di Jl. Terusan Kopo-Soreang No. 461, Sulaiman, Kec. Margahayu. Di Rumah Sakit tersebut memiliki jumlah pasien yang cukup banyak, ideal petugas rekam medis yang dimiliki RSAU Lanud Sulaiman sebanyak 7 orang petugas, akan tetapi jumlah petugas rekam medis yang dimiliki sebanyak 5 orang, dan terjadinya ketidakseimbangan antara pengunjung dengan jumlah petugas. Dengan banyaknya kunjungan pasien di setiap tahunnya sehingga terhambatnya pelayanan di Rumah Sakit tersebut Di Unit Rekam Medis RSAU Lanud Sulaiman tidak adanya pembagian tugas kerja seperti assembling, filing, dan coding sehingga semua pekerjaan dilakukan oleh bagian pendataran.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode ABK-Kes seharusnya RSAU Lanud Sulaiman memiliki 7 petugas di unit rekam medis.


Keywords: sumber daya manusia, RSAU lanud Sulaiman, metode ABK-Kes